Jumat, 11 Mei 2012

Membuka Jasa Penitipan Anak

Blog ini dibuat bagi para orang tua terutama ibu rumah tangga yang merasa kebingungan dimana harus menitipkan buah hatinya dikala sang bunda sedang sibuk bekerja.

Dewasa ini,  banyak sekali ibu-ibu rumah tangga yang seharusnya hanya berperan sebagai ibu rumah tangga ikut berperan mencari nafkah bagi keluarganya. Entah karna perjanjiannya dengan sang suami yang membolehkan mereka untuk bekerja atau karna ia berperan sebagai single parent yang mengharuskan ia menjadi tulang punggung keluarga. Tidak jarang waktu untuk mengasuh anak-anak mereka jadi terganggu. Biasanya para ibu bekerja dari pagi hari hingga sore hari. Oleh karena itu, mereka tentu saja membutuhkan sarana untuk menitipkan anaknya selama mereka bergelut dengan dunia kerjanya. Disinilah peran tempat penitipan anak sangat dibutuhkan, apalagi apabila nenek dari sang anak tinggal di luar kota di mana anak tidak dapat dititipkan dengan neneknya.

Lalu, apa saja langkah-langkah dalam membuka usaha penitipan anak?
Ada hal-hal sederhana yang bisa dipersiapkan, yaitu:

Tempat
 
Tentukan tempat yang akan di gunakan untuk penitipan anak, apakah itu di dalam rumah atau dalam bangunan khusus. Jika tempat yang akan di gunakan adalah rumah dengan target pasar di sekitar lingkungan rumah sendiri, maka sediakanlah ruangan khusus yang bisa di gunakan untuk tempat belajar dan bermain si anak.

Mengerti psikologi anak

Seorang yang siap untuk merawat dan mendidik anak seyogyanya mengerti pengetahuan dasar tentang psikologi anak. Jika tidak bisa, maka bisa menggunakan jasa tenaga orang lain yang mengerti dengan baik cara merawat dan mendidik anak. Misalnya, dengan membawa guru TK yang sudah pasti memahami kejiwaan anak.

Sarana operasional

Misalnya alat-alat yang akan menunjang atau yang akan digunakan dalam operasional usaha. Terdiri dari:
a.  Alat bermain anak yang bisa disesuaikan dengan usia anak;
b.  Makanan kebutuhan anak juga susu;
c.  Perangkat perlengkapan bayi dan balita;
d.  Peralatan administrasi seperti alat tulis kantor dan komputer

Persiapan keuangan

Persiapan keuangan dapat di bagi dua yaitu investasi awal  dan biaya operasional. Investasi awal atau modal awal di keluarkan sekaligus didepan untuk membuka usahanya, contohnya tempat dan peralatan permainan.  Karena sudah mempunyai tempat sendiri Anda tidak perlu menyewa tempat lagi, tetapi renovasi, interior dan dekorasi mungkin diperlukan.

Tenaga ahli

Untuk tenaga ahli tentunya membutuhkan biaya tinggi karena itu disarankan untuk menawarkan skema bagi hasil dengan pola 30%:70%. Dimana tenaga ahli mendapat bagian lebih besar karena keahliannya, dan  usaha Anda berhak atas bagian yang lebih kecil karena memberikan tempat praktek dan pengurusan administrasi.

Promosi

Promosi adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Salah satu contoh sarana promosi adalah dengan menyebarkan brosur di kantor-kantor terdekat atau di tempat perkumpulan umum, misalnyan PKK, Arisan, dll. Perlu kreatifitas dalam hal berpromosi.
 

 Adapun tingkat kesulitan dalam membuka usaha ini, yaitu:

Menjadi sebuah dilema bagi  orangtua manapun, harus meninggalkan anak untuk pergi bekerja. Bagi orangtua terutama kaum ibu, sering merasa bersalah manakala si kecil yang masih balita harus diasuh oleh orang lain. Tempat penitipan anak menjadi solusi bagi  orangtua, khususnya para ibu untuk mengurus buah hati mereka saat pekerjaan yang tak bisa mereka tinggalkan. Di sinilah peluang bisnis kita. Yang kita perlukan hanya tempat dan baby sitter yang bisa kita cari di agen-agen baby sitter. Jika diperlukan, sewa juga ahli atau psikolog anak. Kita harus jeli memilih para pengasuh yang jujur dan bisa dipercaya untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk memulai bisnis jasa ini, modal utama kita adalah tempat, kira-kira 9×5 meter. Lebih besar lebih baik. Tempat itu sebagian besar kita gunakan untuk tempat tidur anak dan arena bermain. Kita juga harus menyiapkan minimal dua orang baby sitter untuk merawat dan menjaga anak-anak tersebut. Semakin banyak baby sitter maka semakin baik.

Pengguna jasa kita adalah sebagian besar orangtua yang sibuk atau kurang mempunyai waktu pada jam-jam tertentu untuk mengasuh anak mereka. Tumbuhkan kepercayaan kepada calon pengguna jasa kita. Karena itu merupakan sebagian hambatan yang  akan kita hadapi dalam bisnis jasa ini. Berikan sarana dan pelayanan yang berbeda dari tempat penitipan anak yang lain, misalnya  tempat yang  bersih, arena bermain yang luas, mainan-mainan yang edukatif, makanan yang bergizi, serta pengasuh yang penuh kasih sayang dan perhatian terhadap anak-anak. Jadi bukan hanya sekedar tempat, tapi juga sebagai pengasuh yang mengarah pada pendidikan tumbuh kembang anak. Jadi manfaatnya bukan sekedar menitipkan anak saja, tetapi juga memberikan kontribusi dalam pertumbuhan fisik dan perkembangan intelegensia anak.

Kita juga harus dapat memanfaatkan relasi untuk promosi bisnis jasa kita ini, teman-teman karyawan, kenalan-kenalan, keluarga, bahkan tetangga untuk menginformasikan usaha ini dari mulut ke mulut. Akan semakin baik lagi bila kita berani masuk ke kantor-kantor dan menawarkan kerjasama dengan perusahaan tersebut, yang tentu saja ada diskon khusus bagi mereka.


Nah itulah sekilas gambaran tentang usaha tempat penitipan anak. Anda berminat? Silahkan di coba.


dari: berbagai sumber














Tidak ada komentar:

Posting Komentar